Jumat, 11 September 2015

servis tv mati standby

Servis tv mati total standby

Oleh : Mahdar.

Mungkin anda pernah mendapatkan sebuah tv dengan kerusakan yang tak terduga 2-3 hari  tv mati  , kadang kuat 1 sampai 2 jam mati lagi ... setelah di cek transistor horizontal jebol lagi padahal baru diganti ..kadang juga IC vertikal ikut jebol kenapa ya..?

Karena saya tidak mau mengalami kerusakan yang sama ..saya harus lebih teliti lagi...               sebelum 1-2 jam jebol lagi transistor horizontal nya ..                                                                langsung saya cek power supply nya . dan ganti elco nya yang mencurigakan.




Ganti elco driver power suply yang 47uf / 50v yang kebetulan fisik nya sudah kusam dan kering. ganti elco 47 uf / 50 v tidak saya ukur lagi ...yakin aja bagus karena baru beli..                                juga TR horizontal nya  ganti baru , kebetulan IC vertikal nya juga rusak short..  

Setelah rapi saya hidupkan ...tv terlihat oke..tegangan kelihatan nya normal ..                                 saya tunggu dalam satu jam bagus..tapi heatsink nya agak panas..saya curiga koq panas banget ..tapi mungkin biasa nya juga begitu agak panas..      

                                                                                          
setelah saya tutup belakangnya , saya hidupkan dan saya tunggu satu jam lebih ... benar aja mati lagi..
Setelah saya ukur TR nya jebol lagi...kenapa ya...?                                                                                     
 saya penasaran cabut lagi elco 47 uf / 50v dan saya cek dengan ESR METER DIGITAL  ternyata hanya tertera 33 uf salah tulisan atau kwalitas nya kurang bagus jadi elco walaupun baru sebelum dipakai sebaiknya di cek dulu..  aku sarankan pakai ESR meter digital.

Setelah diganti kembali elconya , ternyata tegangan normal dan tr horizontal panasnya standar.. Begitulah pengalaman saya sewaktu servis tv 1-2 hari mati lagi.. kadang 1-2 jam juga bisa mati .



Alhamdulillah kit ESR meter digital udah bisa dipesan mulai dari sekarang.. keterangan bisa hubungi telp. 0852 1044 7754  atau  0852 1788 9139

maaf karena banyaknya pesanan ..jadi bagi anda yang ingin bertanya masalah kerusakan tv dan solusinya ..hanya dilayani melalui BBM ...Pin BB 74e851ab   trims.
 

Semoga dapat terbantu.
DMCA.com

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

ALAT COPY MEMORY RP.100.000,-

alat copy memory sasis-alat copy memory

HARGA TRAFO YOKE RP.50.000,-

kemasan-t.yoke t.yoke

HARGA POWER SUPPLY CINA RP.60.000,-

kemasan-ps ps-reg

HARGA REGULATOR GACUN RP.50.000,-

kemasan-gacun gbr-reg-gacun

cara memperbaiki tv Headline Animator