Sabtu, 13 Oktober 2012

TV tidak ada suara

TV tidak ada suara.

oleh : mahdar

kemarin saya perbaiki tv merk fuji elektrik produksi cina tidak ada suara , begitu aku buka tutup belakang nya , aku ukur tegangan nya cukup 13,5 volt tapi aku ukur keluaran output IC suaranya tidak ada alias 0 volt .

 saya periksa sepeker nya  dua-dua nya bagus . aku periksa secara teliti kemungkinan IC nya yang rusak .aku ganti IC nya ternyata berhasil tapi bertahan hanya seperempat jam saja sudah jebol lagi .aku berpikir bagaimana cara mengakali supaya agar IC tidak jebol lagi . ada resistor 4,7 ohm penghubung antara power supply dengan tegangan masuk IC suara .

aku ganti aja resistor itu dengan 22 ohm untuk mengurangi arus yang berlebih hingga terukur 11,5 volt lalu aku pasang kembali IC yang kedua kali aku beli lalu aku hidupkan byar.....aja . aku tunggu juga kurang lebih satu jam ternyata ga jebol lagi dan IC nya pun tidak terlalu panas.

 jadi kesimpulan nya IC suara jebol terus karena arus terlalu berlebih masuk ke IC suara . ini pengalaman saya perbaiki tv kemarin .

semoga bernanfaat untuk anda


DMCA.com

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

ALAT COPY MEMORY RP.100.000,-

alat copy memory sasis-alat copy memory

HARGA TRAFO YOKE RP.50.000,-

kemasan-t.yoke t.yoke

HARGA POWER SUPPLY CINA RP.60.000,-

kemasan-ps ps-reg

HARGA REGULATOR GACUN RP.50.000,-

kemasan-gacun gbr-reg-gacun

cara memperbaiki tv Headline Animator